ESSAY

Writer / NIM
DELVIN MUTHMAINNAH RAUF / 151411134
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstract
ABSTRAK Delvin Muthmainnah Rauf, 2015. Peran Peran Guru Dalam Mengatasi Siswa Yang Indisipliner Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar, S.Pd, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "bagaimana peran guru dalam mengatasi siswa yang indisipliner pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 4 Kabupaten Gorontalo, tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi siswa yang indisipliner pada mata pelajaran IPS di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian ini yaitu dalam mengatasi siswa yang sering melakukan indisipliner dalam kelas, seorang guru tidak perlu menggunakan kekerasan, sebab dengan cara kekerasan seperti memukul siswa itu dampaknya pada siswa itu sendiri, yang mana siswa tersebut akan bertambah nakal. Apabila masih ada siswa yang indisipliner guru berikan peringatan atau hukuman-hukuman ringan, misalnya jika ada siswa yang ribut saat pembelajaran berlangsung, siswa tersebut harus mengulangi apa yang dijelaskan guru. Jadi seorang guru harus menyikapinya dengan cara guru harus memberikan nasehat, motivasi agar mereka lebih senang belajar dalam kelas dan tidak melakukan perilaku indisipliner. Dan juga guru memberikan pujian-pujian atau penghargaan atas apa yang telah mereka capai tanpa memilih-milih siswa. Selain itu kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua siswa sangat diperlukan untuk mengatasi siswa yang indisipliner. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sangat diperlukan dalam mengatasi siswa yang indisipliner, sebab segala sesuatu yang pada siswa tidak lepas dari pengamatan seorang guru yang ada didalam kelas. Sehingganya masalah yang dihadapi oleh siswa haruslah mendapatkan solusi dari guru yang bersangkutan dan pihak sekolah. Kata Kunci : Peran Guru, Siswa Indisipliner, Pembelajaran IPS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011