ESSAY

Writer / NIM
SITTI NUR'AIN RAUF / 151411136
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
Sitti Nur'ain Rauf, 2015. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Study Teams Achievement Division (STAD) Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SDN 4 Botupingge Kabupaten Bone Bolango, Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 4 Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Study Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran IPA Di kelas IV SDN 4 Botupingge. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh informasi tentang efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 4 Botupingge, terlihat saat proses pembelajaran berlangsung, guru mampu melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sesuai prosedur dan tahap-tahap pelaksanaannya serta guru sudah memiliki syarat pengajaran efektif diantaranya pelajaran yang distrukturisasikan dengan baik, presentasi yang terstruktur dan jelas, modelling, penggunaan pemetaan konseptual, dan tanya jawab interaktif. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 4 Botupingge Kabupaten Bone Bolango sudah efektif. Kata Kunci: Efektifitas, Pembelajaran Kooperatif, STAD, IPA
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011