ESSAY

Writer / NIM
NORMIN B. HASAN / 151411151
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
ABSTRAK Normin B. Hasan. 151 411 151 " Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas II SDN 49 Hulontalangi Kecamatan Hulontalangi Kelurahan Tanjung Kramat". Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Permasalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan saintifik dapat meningkatkan motivasi belajar membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar membaca permulaan melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas II SDN 49 Hulontalangi Kecamatan Hulontalangi Kelurahan Tanjung Kramat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Tindakan kelas ini dilaksanakan II siklus. Hasil observasi awal dari jumlah 30 siswa terdapat 16 siswa atau 53,33% belum mampu membaca lancar. Setelah diadakan pada siklus I 15 orang atau 50% siswa yang belum lancar membaca, 14 orang atau 46,66% siswa cukup lancar membaca dan 1 atau 3,33% siswa sudah lancar membaca atau rata-rata perolehan pada siklus I adalah 59,99 % selanjutnya pada siklus II 4 orang atau 13,33% siswa yang belum lancar membaca, 6 orang atau 20% siswa cukup lancar membaca dan 20 orang atau 66,66 % siswa sudah lancar membaca atau rata-rata perolehan pada siklus II adalah 86,29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar membaca permulaan dapat meningkat melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas II SDN 49 Hulontalangi Kecamatan Hulontalangi Kelurahan Tanjung Kramat. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Membaca Permulaan dan Pendekatan saintifik.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011