ESSAY

Writer / NIM
INDRAWATI SABIHI / 151411153
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Indrawati Sabihi, 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran CLIS Pada Materi Energi Panas Di Kelas IV SDN 90 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Meylan Saleh S.Pd, M.Pd dan Pembibing II, Gamar Abdullah, S.Si M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran CLIS pada materi energi panas hasil belajar siswa di kelas IV SDN 90 Sipatana Kota Gorontalo dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran CLIS pada materi energi panas di kelas IV SDN 90 Sipatana Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan tehnik pengumpulan data, observasi, tes dan dokumentasi dilaksanakan 2 siklus pada siswa 23 orang. Berdasarkan observasi awal ada 18 siswa (78,3%) yang belum tuntas Pada siklus I ada 6 siswa (26,1%) yang belum tuntas, selanjutnya pada siklus II ada 5 siswa (21,75%) yang belum tuntas. Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi panas di kelas IV SDN 90 Sipatana Kota Gorontalo Kata Kunci : Hasil Belajar, Model CLIS, Energi Panas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011