ESSAY

Writer / NIM
INDRIYANTI LAODE / 151411161
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstract
ABSTRAK Indriyanti Laode. 2015. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Gerak Di Kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Prof. Dr. H. Abd. Haris Panai M.Pd, selaku Pembimbing I, dan Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si selaku Pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi gerak di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi energi gerak di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Kelas yang dilaksanakan tindakan adalah kelas IV dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 7 orang perempuan dengan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi energi gerak di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo, dari observasi awal diperoleh nilai rata-rata 49,81%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 62,88% atau terjadi peningkatan 13,07, tentu saja hal tersebut belum mencapai indikator, artinya masih berada pada klasifikasi cukup, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81,73 atau terjadi peningkatan 18,85%, artinya telah berada pada klasifikasi baik. Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima. Jadi pelaksanaan tindakan kelas pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi energi gerak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ialah, " jika diterapkan metode eksperimen maka motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi gerak di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo Akan Meningkat" telah diuji dengan benar dan dapat diterima. Kata kunci : Motivasi, Energi Gerak, Metode Eksperimen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011