ESSAY

Writer / NIM
LIAN MAHMUD / 151411166
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Lian Mahmud, 2015. Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Bangun Datar yang Simetri di Kelas Tinggi SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Samsiar Rivai M.Pd dan Ismail Pioke S.Pd M.Pd selaku pembimbing II. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa mengidentifikasi bangun datar yang simetri di kelas tinggi SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa mengidentifikasi bangun datar yang simetri di kelas tinggi SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas tinggi khususnya kelas IV dan kelas V sedangkan objek penelitian adalah kemampuan siswa mengidentifikasi bangun datar yang simetri. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bangun datar yang simetri sudah baik karena dari 69 orang siswa kelas tinggi, 50 orang yang masuk dalam kategori mampu untuk menentukan jumlah sumbu simetri pada bangun datar, menjelaskan pengertian simetri putar dan menyebutkan contoh bangun datar yang memiliki simetri putar, yang kurang mampu ada 6 orang siswa dan ada 13 orang siswa yang tidak mampu dalam menjelaskan ciri-ciri bangun datar yang memiliki simetri lipat dan menentukan jumlah simetri putar pada bangun datar. Dengan demikian disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas tinggi dalam mengidentifikasi bangun datar yang simetri sudah baik. namun, untuk menjelaskan ciri-ciri bangun datar yang memiliki simetri lipat dan menentukan jumlah simetri putar pada bangun datar perlu mendapat bimbingan dan latihan dari guru. Kata kunci: Kemampuan, Mengidentifikasi, Bangun Datar, Simetri. ABSTRACT Lian Mahmud, 2015. The Ability of Students to Identify Wake Flat Symmetry in High Class SDN 4 Telaga Gorontalo District. Thesis, Primary School Teacher Education Majors. Faculty of Science Education. Gorontalo State University. Adviser first Dra. Rival Samsiar, S.Pd M.Pd and Ismail Pioke S.Pd, M.Pd as a second adviser. The problem in this research is the ability of students to identify wake symmetrical flat in high class SDN 4 Telaga Gorontalo district. The purpose of this study was to determine how the student's ability to identify wake symmetrical flat in high class SDN 4 Telaga Gorontalo district. The method used is descriptive qualitative. Subjects were students particularly high grade IV and grade V grade, while the object of research is the ability of students to identify symmetrical flat wake. Data collected from this study in the form of observation, interviews and documentation. The results show the ability of students to identify flat wake symmetry is good because from 69 high grade students, 50 people who fall into the category capable to determine the number of axes of symmetry on a flat wake, explaining the sense of rotational symmetry and cite examples of flat wake have rotational symmetry, the less able there are 6 students and there are 13 students who did not is able to explain the characteristic which have a flat wake fold symmetry and determine the amount of rotational symmetry in flat wake. Thus concluded that the ability of high grade students in identityng the wake flat has good symmetry, but to explain the characteristics which have a flat wake fold symmetry and determine the amount of rotational symmetry in flat wake still need guidance and training of teachers. Keywords: Ability, Identifying, Flat Wake, Symmetrical.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011