ESSAY

Writer / NIM
AINUN GIOLA / 151411192
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
ABSTRAK Ainun Giola. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA di kelas IV SDN 1 Batubantayo Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S,Pd. M.Pd. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu "Aakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPA siswa IV SDN I Batubantayo Kecamatan Pinogaluman?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Batubantayo Kecamatan Pinogaluman. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November - Desember tahun ajaran 2015. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest-postest design, dengan variabel penelitian yaitu: (1) variabel X adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, dan (2) variabel Y adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan studi dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan adalah analisis uji t. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 18,71 dan nilai ttabel sebesar 1,77. Jika dibandingkan hasil antara thitung dengan ttabel maka harga thitung lebih besar dari harga ttabel. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil siswa sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada tes awal (pretest) dengan hasil belajar sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada tes akhir (posttest) Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011