ESSAY

Writer / NIM
FITRIA WULANDARI / 151411204
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Fitria Wulandari. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pembelajaran IPA Di KelasV SDN 1 Mopuya Kabupaten Bolaang Mongondow. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I, Meylan Saleh S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II.Gamar Abdullah S.Si, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pembelajaran IPA di KelasV SDN 1 Mopuya Kabupaten Bolaang Mongondow?.Tujuan penelitianini adalah Untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) PadaPembelajaran IPA di KelasV SDN 1 MopuyaKabupatenBolaang Mongondow. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitianinimenggunakantehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dandokumentasi. Dari hasil penelitian guru memahami serta menerapkan model pembelajaran numbered heads together pada pembelajaran IPA dengan baik karena model pembelajaran numbered heads together sering di terapkanoleh guru. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatiftipe NHT pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 1 Mopuya Kabupaten Bolaang Mongondow telah diterapkan sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together hal ini terlihat dari : a). Tahap persiapan, b). Tahap pembentukan kelompok, dalam tahap ini guru kelas V membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-5 orang siswa. c). Guru mengharuskan tiap kelompok harus memiliki buku panduan untuk memudahkan siswa dalam menyelesaikan LKS. d). Diskusi masalah, e). Kemudian guru memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban. f). Dan terakhir guru bersama siswa bersama-samamenyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan. Kata Kunci: Penerapan Model NHT, Pembelajaran IPA.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011