ESSAY

Writer / NIM
SRY WAHYUNI HUMOLUNGO / 151411205
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
Sri Wahyuni Humolungo, 2015. Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah berperan baik sebagai pembimbing, pengelola kelas, mediator, motivator dan evaluator. Hal ini ditunjukkan dengan skor hasil observasi pembelajaran yang dicapai memperoleh rata-rata 91,7% dan skor hasil angket siswa dari semua indikator peran guru dalam memotivasi belajar siswa memperoleh rata-rata 78,50%. Maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo sudah baik. Kata Kunci : Peran Guru, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran IPA.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011