ESSAY

Writer / NIM
NUR`AIN HARUN / 151411219
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Harun Nur'ain 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Gaya Melalui Metode Eksperimen Di Kelas V SDN 5 Tolingguka Kabupaten Gorontalo Utara.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya di kelas V SDN 5 Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya melalui metode eksperimen di kelas V SDN 5 Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dan analisis dan refleksi.Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai evaluasi siswa siklus I dan siklus II. Data presentase hasil belajar siswa siklus I yaitu tuntas 18,81% yang tidak tuntas 81,18% sedangkan presentase hasil belajar siswa siklus II yaitu tuntas 90,91% yang tidak tuntas 9,09%. Peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 36,36% menjadi 90.91%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya di kelas V SDN 5 Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011