ESSAY

Writer / NIM
ZULKIFLY A. LASENA / 151411222
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Zulkifly A. Lasena. 151411222 "Analisis Hasil Karangan Siswa Kelas V di SDN 10 Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain S.Pd M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman M.Hum Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa menyusun karangan di SDN 10 Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif Kualitatif dengan tujuan menganalisis hasil karangan siswa kelas V. Cara pengumpulan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan menganalisis hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas V di SDN 10 Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dalam menulis karangan, dapat dikatakan sudah meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian beberapa aspek yakni kesesuaian judul, struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca dan melalui analisis yang telah dilaksanakan. dari 38 orang siswa, 25 orang siswa yang masuk pada kategori tepat atau sudah mampu menulis karangan dengan hasil persentase (65,78%), 10 orang kategori kurang tepat atau kurang mampu dalam menulis karangan dengan hasil persentase (26,31%), dan tidak ada siswa yang tidak tepat atau tidak mampu dalam menulis karangan dengan persentase (0%). Hal inipun dapat dilihat dari hasil wawancara terhadap guru dan siswa dimana dalam penjelasan guru pengajar, siswa telah dilatih dalam menulis puisi, yang menjadi dasar siswa dalam menyusun sebuah karangan, dan dari hasil wawancara siswapun terlihat bahwa hampir seluruh siswa suka menulis karangan walaupun masih ada beberapa orang siswa yang tidak suka menulis, baik itu berupa karangan puisi, cerita, pantun, dan karangan lainya. Kata kunci : hasil karya siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011