ESSAY

Writer / NIM
FERAWATY OPALADU / 151411243
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Ferawaty Opaladu. 2015. Deskripsi Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah deskripsi pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan observasi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh informasi tentang pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo sudah membuktikan bahwa mampu mengatasi kebosanan dalam belajar, mampu memberikan kesempatan pada siswa untuk menerapkan teori, serta mampu memperluas wawasan berfikir siswa. Proses pembelajaran seperti ini sangat cocok digunakan pada pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan di kelas IV. Kata Kunci: Lingkungan, Sumber Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011