ESSAY

Writer / NIM
ISLAMIYATI USMAN / 151411247
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Islamiyati Usman. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Pada Kemampuan Berbicara Siswa di Kelas I SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan pembimbing II Wiwi T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran langsung pada kemampuan berbicara siswa di Kelas I SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dari 42 siswa terdapat 23 orang siswa (54,76 %) yang sudah mampu berbicara, 8 orang siswa (7,69 %) yang masih kurang mampu berbicara, dan 11 orang siswa (26,19%) yang tidak mampu berbicara. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran langsung pada kemampuan berbicara siswa sudah cukup maksimal, akan tetapi keseluruhan kegiatan yang dilakukan mempunyai kendala dalam pelaksanaannya, disamping banyak media pembelajaran yang kurang mendukung, hal non teknis lainnya sperti kurangnya fasilitas yang ada di dalam kelas tersebut sangat berpengaruhi kegiatan pembelajaran, namun bila dilihat dari konsistensi dan profesional guru yang ada dalam memberikan pembelajaran, terlihat jelas guru berusaha untuk tetap kreatif dalam memberikan materi yang ada. Kata kunci : Model Pembelajaran Langsung, Berbicara
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011