ESSAY

Writer / NIM
WIWIN KARIM / 151411312
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstract
ABSTRAK Wiwin Karim. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kelas Rangkap di Kelas I dan II SDN 5 Ponelo Desa Malambe Kecamatan Ponelo Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan pembelajaran kelas rangkap dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas I dan II SDN 5 Ponelo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kelas rangkap di kelas I dan II SDN 5 Ponelo Desa Malambe Kecamatan Ponelo Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Pada observasi awal di kelas I dari 8 siswa terdapat 3 siswa yang hasil belajarnya tuntas atau memperoleh nilai 75 ke atas sedangkan di kelas II dari 7 siswa terdapat 3 siswa yang hasil belajarnya tuntas atau memperoleh nilai 75 ke atas. Pada siklus I, dari jumlah siswa secara keseluruhan di kelas I dan II yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 8 siswa dari 15 siswa atau sebanyak 60%. Untuk daya serap seluruh siswa terhadap materi yang diajarkan yaitu rata-rata 72,33%. Hasil ini menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I dengan menerapkan model PKR 211 pada proses pembelajaran belum mencapai indikator kinerja karena masih terdapat kelemahan-kelemahan pada pelaksanaan siklus I. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lanjutan pada siklus II untuk menyempurnakan aspek yang belum dicapai pada siklus I. Pada siklus II nilai siswa kelas I dan II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 13 siswa dari 15 siswa atau 86,6%. Untuk daya serap siswa terhadap materi yang diajarkan yaitu rata-rata 81,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kelas rangkap model 211 dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di kelas I dan II SDN 5 Ponelo Desa Malambe Kecamatan Ponelo Kabupaten Gorontalo Utara. Kata Kunci : Hasil Belajar, PKR Model 211 â
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011