ESSAY

Writer / NIM
HASMUN S. PASUNE / 151411314
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Hasmun Pasune. 2015. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gaya Magnet Melalui Metode Eksperimen di Kelas V SDN 7 Limboto Kabupaten Gorontalo ". skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim M.si, Pembimbing II Gamar Abdullah S.si M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini tentang "Apakah hasil belajar siswa pada materi gaya magnet dikelas V SDN 7 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat meningkat melalui pengunaan metode eksperimen?". Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet melalui metode eksperimen dikelas V SDN 7 Limboto Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dan Masing-masing siklus satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan evaluasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil pelaksanaan yang dicapai siswa pada siklus I belum menunjukan hasil yang diharapkan, karena 20 siswa yang dikenakan tindakan hanya 11 siswa atau 55% yang memperioleh nilai 75 ke atas sedangkan 9 siswa atau 45% yang memperoleh nilai 75 ke bawah. Tindakan pada siklus II siswa sudah mencapai target karena dari 20 siswa yang di adakan tindakan, 17 siswa atau 85 % memperoleh nilai 75 ke atas sedangkan 3 siswa atau 15% yang memperoleh nilai 75 ke bawah. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas V SDN No 7 Limboto Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil, Belajar, Eksperimen, Magnet
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011