ESSAY

Writer / NIM
ROVIKA L. LIHAWA / 151411318
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Rovika L, Lihawa. 2015. Kemampuan Siswa Berbalas Pantun di Kelas IV Siswa Kelas IV SDN No. 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Dra. Evi Hasim,M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman,M.Hum. Rumusan masalah penelitian ini adalah "Bagaimana Kemampuan Siswa Berbalas Pantun di Kelas IV Siswa Kelas IV SDN No. 64 Kota Timur Kota Gorontalo.Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan Siswa Berbalas Pantun di Kelas IV SDN No 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN NO 64 Kota Timur Kota Gorontalo dapat diklasifikasikan dari 31 (tiga puluh satu) siswa bahwa 24 (dua puluh empat) orang siswa atau 74,4 % dari keseluruhan siswa mampu berbalas pantun, dan 6 (enam) orang siswa atau 19.4 % siswa yang kurang mampu berbalas pantun serta 1 (satu) orang atau 3.2 % siswa yang tidak mampu berbalas pantun. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa berbalas pantun dapat meningkat di Kelas IV SDN NO 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Kata Kunci: Berbalas Pantun ABSTRACT Rovika L, Lihawa. 2015. Students' Ability in doing Reciprocal Poem in the Fourth Grade of SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi, Departmen of Elementary School Teacher Education, Education Faculty, State University of Gorontalo. The principal supervisor was Dra. Evi Hasim, M.Pd and Co-supervisor was Dra. Dajani Suleman, M.Hum. The problem statement of this research was how the students' ability in doing reciprocal poem in the fourt grade of SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo. This research aimed at knowing the students' ability in doing this. This research used descriptive qualitative method. Based on the conducted observation, it was found that 24 out 31 students or 74,4% of the students had good ability, 6 or 19,4% students had enough ability and 1 or 3,2% of the students had bad ability ini doing reciprocal poem. Based on the results, it can be concluded that students' ability in doing reciprocal poem in the fourth grade of SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo is good. Keywords: Reciprocal Poem
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011