ESSAY

Writer / NIM
HERLIN ABUBAKAR WAHIDJI / 151411325
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract

ABSTRAK

 

 

HERLIN A. WAHIDJI, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SDN 2 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pdi, M.Hi.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keaneka ragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV SDN 2 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keaneka ragaman suku bangsa dan budaya melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN 2 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang ,11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi.

 

Berdasarkan hasil evaluasi siklus I menunjukkan bahwa dari 27 sebanyak 16 siswa yang tuntas atau 59.25%, sedangkan 11 siswa atau 25% belum tuntas. Sedangkan pada siklus II meningkat sebanyak 24 siswa yang tuntas atau 88.89%, sedangkan 3 siswa atau 11.11% belum tuntas.

 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV SDN 2 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya, Jigsaw. 

 

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011