ESSAY

Writer / NIM
ARDIN DJARAI / 151411334
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstract

ABSTRAK

Ardin Djarai. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Model Think Pair Share Kelas I SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hawa Patiiha, S.Pd,M.Pd

Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: apakah kemampuan membaca permulaan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas I SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui model think pair share pada siswa kelas I SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Tilongkabila Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa kemampuan membaca permulaan melalui metode think pair share pada siswa kelas I SDN 3 Tilongkabila pada siklus I ternyata berdampak baik yakni dari 35 orang terdapat 18 orang (51%) yang mampu, siswa yang kurang mampu berjumlah 10 orang (29%) dan yang tidak mampu berjumlah 7 orang (20%). Pada siklus II kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode think pair share yang mampu untuk membaca permulaan melalui metode think pair share berjumlah 28 orang ( 77% ), siswa yang kurang mampu berjumlah 7 orang ( 23% ) dan yang tidak mampu tidak ada lagi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode think pair share dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 3 Tilongkabila  Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.

 

Kata Kunci : Membaca permulaan, think pair share

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011