ESSAY

Writer / NIM
RAMINA USMAN / 151411336
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract

ABSTRAK

RAMINA USMAN. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS

Melalui Metode Discovery di SDN 6 Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango. Skripsi,

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri

Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Samsi

Pomalingo, S.Ag, MA. Permasalahan dalam penelitian adalah apakah melalui metode

discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN 6 Suwawa

Tengah Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil

belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui metode discovery di SDN 6 Suwawa Tengah

Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan

kelas.. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Data yang dikumpulkan dari

penelitian ini berupa observasi selama proses pembelajaran berlangsung, hasil observasi

aktivitas guru dan siswa, hasil evaluasi siswa serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian

menunjukkan bahwa ketuntasan yang diperoleh siswa pada observasi awal hanya sejumlah 5

orang atau sebesar 38.5%, pada siklus I menunjukkan ketuntasan sebesar 69.23%. Pada siklus

II menghasilkan ketuntasan 92.30%. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat

disimpulkan bahwa metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada

pembelajaran IPS di SDN 6 Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Discovey.

 

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011