ESSAY

Writer / NIM
SARTON ABDULLAH / 151411347
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract

ABSTRAK

 

Sarton Abdullah. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS Di Kelas I SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permsalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas I SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango?”. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode SAS Kelas I di SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan jumlah siswa 18 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa membaca permulaan di kelas I SDN 3 Bulango Ulu kemampuan pada siklus I sejumlah 12 orang atau sebesar 66.67% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 17 orang atau sebesar 94.44%. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan  siswa membaca permulaan di kelas I di SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui metode SAS

 

Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode SAS.

 

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011