ESSAY

Writer / NIM
WIRCE K. TUTU / 151411366
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Wirce K. Tutu. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Petunjuk Melalui Benda Konkrit Di Kelas IV SDN 2 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Program PPKHB urusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan siswa membaca petunjuk melalui benda Konkrit di kelas IV SDN 2 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca petunjuk melalui benda konkrit di kelas IV SDN 2 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada observasi awal hanya sebanyak 9 siswa (33.33%) yang mampu membaca petunjuk. Saat dilakukan tindakan siklus I diperoleh peningkatan menjadi 19 siswa (70.37%). Pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 24 siswa (88.89%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan benda Konkrit dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca petunjuk di kelas IV SDN 2 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Kata Kunci : Kemampuan, Membaca Petunjuk. Benda Konkrit.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011