ESSAY

Writer / NIM
MELLY BAWOEL / 151411368
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Melly Bawoel. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Surat Pribadi Melalui Model Think Pair Share Di Kelas IV SDN 1 Bualemo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum Adapun permsalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah penggunaan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis surat pribadidi kelas IV SDN 1 Bualemo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara?"Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis surat pribadi melalui model Think Pair Sharedi kelas IV SDN 1 Bualemo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada observasi awal 35.45% atau 11 siswa. Siklus I 67.74% atau 21 siswa selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 90.32% atau 28 siswa. Kesimpulan bahwa penggunaan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis surat pribadi di kelas IV SDN 1 Bualemo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Kata Kunci: Menulis, Surat Pribadi, Think Pair Share (TPS).
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011