ESSAY

Writer / NIM
DURCE RUITANG / 151411403
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Durce Ruitang. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Tema Kegemaran di Kelas 1 SDN Karangetang Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Skripsi PPKHB Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa membaca permulaan melalui tema kegemaran di kelas I SDN Karangetan Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui tema kegemaran di Kelas 1 SDN Karangetang Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. Data hasil menunjukan pada tahap observasi awal, dari 13 orang siswa terdapat 23.08% atau 3 orang siswa yang dapat membaca dengan baik, sementara siswa yang tingkat kemampuan membacanya masih rendah jumlahnya sebanyak 10 orang siswa 76.92%. kemudian pada siklus I, bahwa kemampuan siswa yang tuntas hanya mencapai 61.53% atau 8 orang siswa. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, kemampuan siswa meningkat sebesar 84.61% atau 11 orang siswa. Dengan perbandingan siklus I ke siklus II mencapai 75% peningkatan kemampuan belajar siswa. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pembelajaran Tematik kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Karangetang Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Membaca Permulaan, Tema Kegemaran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011