ESSAY

Writer / NIM
HASNA UTI / 151411405
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Hasna Uti. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui metode Bermain Peran materi pemerintahan Desa dan Kecamatan di Kelas IV SDN Inpres Padengo Kecamatan Dengilo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.H.I. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode bermain peran materi pemerintahan desa dan kecamatan di Kelas IV SDN Inpres Padengo Kecamatan Dengilo Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap persiapan, Tahap pelaksanaan tindakan, Tahap pemantauan dan evaluasi, Tahap analisis dan refleksi Berdasarkan uraian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar Pelajaran PKn materi Pemerintahan Desa dan Kecamatan siswa yang ditunjukkan dengan Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah, Mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar. Kegiatan bermain peran telah memberi pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi Pemerintah Desa dan Kecamatan, dari 9 orang atau 37.5% yang sudah tuntas meningkat menjadi 19 siswa atau 79.16%. Dengan melihat hasil yang diperoleh, maka hipotesis yang berbunyi "Jika guru menerapkan Metode bermain peran maka dapat meningkatkan hasil belajar pada materi susunan Pemerintahan Desa dan Kecamatan mata pelajaran PKn Kelas IV SDN Inpres Padengo Kecamatan Dengilo" teruji kebenarannya. Kata Kunci : Hasil Belajar, Bermain Peran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011