ESSAY

Writer / NIM
FILDA PAKAYA / 151411424
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstract
ABSTRAK Filda Pakaya. 2014. Meningkatkan kemampuan siswa mencontoh kata melalui penulisan tegak bersambung di Kelas I SD Inpres Bumi Bahari Kecamatan Popayato. Skripsi PPKHB Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah teknik penulisan tegak bersambung dapat meningkatkan kemampuan siswa mencontoh kata di Kelas I SD Inpres Bahari Kecamatan Popayato. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa mencontoh kata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui teknik penulisan tegak bersambung di Kelas I SD Inpres Bahari Kecamatan Popayato. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan mulai dari tahap observasi awal sampai pada siklus I dan siklus II, bahwa pada observasi awal dari 15 orang siswa Kelas 1 SD Inpres Bumi Bahari terdapat 6 orang atau 40% siswa yang mampu menulis/mencontoh kata dengan baik dan benar. Kemudian pada siklus I sudah mengalami peningkatan yakni siswa yang mampu sudah menjadi 10 orang atau 67% akan tetapi belum memenuhi indikator kinerja yang diharapkan. Setelah dilanjtkan pada siklus II maka hasil yang diharapkan dapat diperoleh, dimana dari 15 orang siswa, 13 orang siswa atau 87% sudah mampu menulis/mencontoh kata dengan baik dan benar dan telah mencapai indikator kinerja yang diharapkan yakni 75%. Kata Kunci: Mencontoh Kata, Tegak Bersambung
Download files

ARCHIVES

2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011