ESSAY

Writer / NIM
NURAIN SALEH / 151411425
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Nurain Saleh. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD Inpres Bahari Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Skripsi PPKHB Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa berbicara di Kelas III SD Inpres Bumi Bahari Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui metode demonstrasi di Kelas III SD Inpres Bumi Bahari Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Hasil pelaksanaan tindakan siklus I dengan rata-rata keberhasilan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa berbicara melalui kegiatan demonstrasi yang sebelumnya pada observasi awal berjumlah 6 orang siswa atau 30% saja, pada siklus I meningkat sebanyak 2 siswa menjadi 8 orang siswa (40%) yang sudah mampu dan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni menjadi 14 siswa atau 70% yang sudah mampu dan persentase ini sudah memenuhi standar ketuntasan minimal yakni 70%. Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Metode Demonstrasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011