ESSAY

Writer / NIM
MARLINA G. BUHUNGO / 151411430
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Marlina G. Buhungo. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas V SDN 5 Limboto BaratKabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A. R Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM dan Pembimbing II Meylan Saleh,S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sistem pernapasan manusia di kelas V SDN 5 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 5 Limboto Barat melalui penggunaan metode demonstrasi. Objek penelitian berjumlah 14 orang siswa yang terdiri dari 6 orang siswa perempuan dan 8 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes tertulis. Hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 14 orang siswa yang dikenakan tindakan, 9 orang atau 64,29% yang mampu. Persentase ini meningkat pada siklus II. Dari 14 orang siswa yang dikenakan tindakan, 13 orang atau 92,86% yang mampu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas V SDN 5 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011