ESSAY

Writer / NIM
MASSUARNI JUSUF DJ. MOHI / 151411448
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstract
ABSTRAK Masuarni J. DJ. Mohi, 2013. Judul penelitian"Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Meneladani Patriotisne dan Kepahlawanan Pelajar IPS Melalui Model Kooperatif Type Jigsaw Kelas IV SD Inpres Patuhuh Kabupaten Pohuwato"dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Hakop Walangadi pembimbing I dan Bapak Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II. Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah Apakah Model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Patuhu Kabupaten Pohuwato. Sedangkan tujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada materi meneladani patriotisme dan kepahlawanan pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Kelas IV SD Inpres Patuhu Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK, metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa ini, sangat erat hubungannya dengan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Meskipun kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan dan telah berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa, masih perlu pengembangan lebih lanjut. Hal ini sesuai dengan analisis data hasil penilaian, dimana hasil belajar siswa belum dapat dituntaskan pada siklus I, sehingga harus diperbaiki dan disempurnakan pada siklus berikutnya (siklus II). Hasil evaluasi belajar siswa dalam mengukur hasil pengamatan instremen penelitian tentang motivasi belajar pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai diatas KKM 75% adalah sebanyak 23 orang siswa atau 72% dan siswa yang memperoleh nilai KKM rendah 9 orang siswa atau 28%. Hasil evaluasi belajar pada siklus II untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa 28 orang siswa atau 88% memperoleh nilai tuntas dan 4 orang siswa atau 12% yang belum tuntas hasil belajarnya, dari KKM yang ditentukan sekitar 75%. Artinya semangat belajar siswa cenderung membaik, namun karena keterbatasan guru, fasilitas, sarana, lingkungan belajar dan sumber belajar serta kurang komitmen orang tua menjadi hal yang memberi dampak pada proses pembelajaran siswa dikelas. Kata Kunci; Motivasi, Belajar dan Model Kooperatif Type Jigsaw
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011