ESSAY

Writer / NIM
DJONI WOLTER KOWAAS / 151411473
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Djoni W. Kowaas. 2013. Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Karangan melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SD Inpres Bohusami Kecamatan Wanggarasi Kabupaten Pohuwato. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis karangan melalui pendekatan kontekstual di Kelas V SD Inpres Bohusami Kecamatan Wanggarasi Kabupaten Pohuwato. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi Hasil penelitian yaitu; 1) Setiap kali tindakan dilakukan selalu mengalami peningkatan yang signifikan terbukti pada siklus II indikator kinerja yang ditetapkan yaitu jika sebelumnya jumlah siswa yang terampil dalam menulis karangan hanya sebanyak 2 siswa (12.5 %) meningkat menjadi 12 siswa (80%) dari jumlah 15 siswa. Sedangkan 3 atau (20%) siswa merupakan jumlah siswa yang tidak mampu dan akan diperbaiki melalui proses remedial. Hasil tersebut memberikan gambaran perbedaan ketika guru kelas menggunakan proses pembelajaran yang konvensional tanpa memahami bagaimana kondisi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan pemilihan dan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual secara tepat dengan langkah-langkah yang sesuai disetiap tindakan memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal. Oleh karenanya peneliti telah yakin bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual keterampilan siswa kelas V SD Inpres Bohusami dalam menulis karangan dapat diterima. Kata Kunci : Keterampilan Siswa, Menulis Karangan, Pendekatan Kontekstual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011