ESSAY

Writer / NIM
IRAWATI PASO / 151411474
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Irawati Paso. 2014. "Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Segitiga, Persegi Panjang dan Persegi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SDN 9 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo".Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga, persegi panjang dan persegi pada siswa kelas IV SDN 9 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga, persegi panjang dan persegi pada siswa kelas IV SDN 9 Bongomeme melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 9 Bongomeme. Setiap siklus dilakukan dalam 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pemahaman siswa terhadap konsep luas segitiga, persegi panjang dan persegi belum mencapai indikator kinerja. Dari 15 siswa ada 6 orang atau 40% yang memperoleh nilai ketuntasan minimal 65 ke atas dan 9 orang atau 60% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65 ke atas. Sedangkan pada siklus II ada 13 orang atau 86,7 % yang memperoleh nilai minimal 65 ke atas dan 2 orang atau 13,3 % yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65 ke atas. Siswa yang memperoleh nilai 65 kebawah sebanyak 2 orang atau 13,3 % tersebut dibimbing secara khusus dengan cara menjelaskan kembali materi yang belum di pahami kemudian diberikan tugas dengan tujuan untuk mengukur pemahaman siswa tesebut. Dengan melihat capaian tindakan yang diperoleh pada siklus II sudah sesuai dengan indikator kinerja dan pembelajaran dianggap tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, pemahaman konsep luas segitiga, persegi panjang dan persegi pada siswa kelas IV SDN 9 Bongomeme meningkat. Kata Kunci : Group Investigation, Pemahaman, Segitiga, Persegi Panjang, Persegi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011