ESSAY

Writer / NIM
ZENAB AHMAD DAMA / 151411480
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Zenab Ahmad Dama. 2013. Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran PKn di Kelas V SDN 1 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.H.I. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi keutuhan NKRI Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran PKn Di Kelas V SDN 1 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran STAD aktivitas siswa pada pembelajaran lebih terfokus kemateri dan dengan penggunaan model pembelajaran STAD dapat meninkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 1 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Data hasil pengamatan pemahaman belajar siswa pada siklus I dan siklus II, dimana pemahaman siswa pada siklus I mencapai 12 orang atau 52.18%. dan untuk siklus II meningkat menjadi 20 orang dengan presentase 86.95 %. Hal ini merupakan salah satu bukti dari keberhasilan penggunaan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa tentang materi Keutuhan NKRI. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Kooperatif Tipe STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011