ESSAY

Writer / NIM
HASNI PADUNGGALA / 151411485
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Hasni Padunggala. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKN Materi Makna Sumpah Pemuda melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di Kelas III SDN 1 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Elmia Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag., MA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Makna Sumpah Pemuda di kelas III SDN 1 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Makna Sumpah Pemuda di kelas III SDN 1 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Hasi penelitian adalah bahwa dari seluruh hasil ulangan belajar siswa pada siklus 1 menunjukan nilai kurang dari 70 atau tidak lulus adalah 10 orang atau 56%. Siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas atau lulus adalah 13 orang atau 44% hal ini didasarkan pada Kriteria ketuntasan minimal yaitu 70 sehingga dapat diketahui bahwa nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 63.72 pada kategori tidak lulus. Pada siklus 2 Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 70 atau tidak lulus adalah 2 orang atau 9%. Siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas atau lulus adalah 21 orang atau 91% hal ini didasarkan pada Kriteria ketuntasan minimal yaitu 70 sehingga dapat diketahui bahwa nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 76.9 pada kategori lulus dapat dinyatakan hasil belajar meningkat. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan indikator 80% telah tercapai pada siklus 2. Oleh karena itu tim peneliti tidak melakukan penelitian tindakan kelas pada siklus berikutnya Kata Kunci : Hasil Belajar dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011