ESSAY

Writer / NIM
YULIANTI UNO / 151412002
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
ABSTRAK Yulianti, 2016. Penerapan Model Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Anak di Kelas IV SDN 2 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun anak di Kelas IV SDN 2 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo? . Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis pantun anak melalui penerapan model kontekstual di kelas IV SDN 2 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan observasi awal kemampuan menulis pantun anak dari 28 siswa yang mampu 35.8 % atau 10 siswa, kemudian pada siklus I kemampuan menulis pantun anak meningkat menjadi 15 siswa atau 53.6%. Pada siklus II meningkat mencapai 24 siswa atau 85.7%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa menerapkan model kontekstual pada siswa kelas IV SDN 2 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo hasil kemampuan menulis pantun anak meningkat Kata Kunci : Menulis Pantun Anak, Model Kontekstual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011