ESSAY

Writer / NIM
ISKANDAR RADJULANI / 151412014
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
Radjulani, Iskandar.2016.Pengaruh Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-sifat Bangun Ruang Di Kelas V SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo?". Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian yang dilaksanakan, menunjukkan bahwa setelah hasil belajar siswa diuji dengan rumus t dependen, diperoleh thitung 80,10 dan ttabel 2,093, jadi thitung lebih besar dari ttabel, sehingga sesuai dengan hipotesis penelitian yang diajukan dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata kunci: Hasil Belajar, Bangun Ruang, Pendekatan Matematika Realistik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011