ESSAY

Writer / NIM
SRI ISMIATY YUSUF / 151412025
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Sri Ismiaty Yusuf. 2016. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SDN 8 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN 8 Tapa Kabupaten Bone Bolango melalui pendekatan contextual teaching learning (CTL). Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian pada siklus I dari 13 siswa hanya 6 siswa atau 46.16 % yang memperoleh nilai 75 ke atas sedangkan 7 siswa atau 53.84 % yang memperoleh nilai 75 ke bawah. Pada siklus II sudah mencapai target karena dari 13 siswa, 12 orang atau 92.30 % memperoleh nilai 75 ke atas sedangkan 1 orang atau 7.70 % memperoleh nilai 75 ke bawah. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi melalui pendekatan contextual teaching learning (CTL) pada siswa kelas V SDN 8 Tapa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Menulis Puisi, Pendekatan CTL. ABSTRACT ' S"i Ismiaty Yusuf. 20l6.Increasing Students' Skill in Writing Poetry through Contextual Teaching Learning (CTL) approach on students of grade V in SDN 8 Tapa, Bone Bolango District. Skripsi, Study Program of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd and Co-supervisor is Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. This research aims at investigating students' skill in writing poetry through Contextual Teaching Learning (CTL) approach on students of grade V in SDN 8 Tapa,Bone Bolango District. The method of research is classroom action research which consists of 2 cycles o"Research findings show that in cycle I, 6 out of 13 students or 46.16%o get the score of 7 5 and above while 7 students or 53 .84o/o get the score of 7 5 and below. In cycle Il,12 out of 13 students get the score of 75 and above while I student or 7.70%getthe score of 75 andbelow. It can be concluded that studentso skill in Teaching Leaming (CTL) at grade V of SDN be increased. Keywords: Writing Poetry, CTL Approach writing poetry 8 Tapal Bone Bo
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011