Writer / NIM
ROSALINA PAYU / 151412033
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstract
ABSTRAK
Rosalina Payu. 2016, Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Ide Pokok menggunakan teks Cerita di Kelas IV SDN 6 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi Ilmu Pendidikan, Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo ; Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan teks cerita siswa mampu menentukan ide pokok di kelas IV SDN 6 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok menggunakan teks cerita di kelas IV SDN 6 Gentuma Raya Kabuptaen Gorontalo Utara.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala Sekolah, guru kelas IV SDN 6 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara, Dokumentasi tertulis yang Relevan dengan data objek yang meliputi Data siswa dan Guru Kelas. Penelitian ini dilaksnakan di kelas IV SDN 6 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara dengan jumlah siswa yang terdiri dari 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, tes, wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, wawancara, dan Dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SDN 6 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara bahwa ada siswa yang mampu dalam menentukan ide pokok sebanyak 16 orang (80%), yang kurang mampu 3 orang (15%), tidak mampu 1 orang (5%).
Kata kunci : Ide pokok, cerita
Download files