ESSAY

Writer / NIM
ROSALINA PAYU / 151412033
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstract
ABSTRAK Rosalina Payu. 2016, Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Ide Pokok menggunakan teks Cerita di Kelas IV SDN 6 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi Ilmu Pendidikan, Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo ; Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan teks cerita siswa mampu menentukan ide pokok di kelas IV SDN 6 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok menggunakan teks cerita di kelas IV SDN 6 Gentuma Raya Kabuptaen Gorontalo Utara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala Sekolah, guru kelas IV SDN 6 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara, Dokumentasi tertulis yang Relevan dengan data objek yang meliputi Data siswa dan Guru Kelas. Penelitian ini dilaksnakan di kelas IV SDN 6 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara dengan jumlah siswa yang terdiri dari 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, tes, wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, wawancara, dan Dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SDN 6 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara bahwa ada siswa yang mampu dalam menentukan ide pokok sebanyak 16 orang (80%), yang kurang mampu 3 orang (15%), tidak mampu 1 orang (5%). Kata kunci : Ide pokok, cerita
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011