ESSAY

Writer / NIM
MASRIN POLIMENGO / 151412044
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Polimengo Masrin. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing Pada Mata Pelajaran IPA Materi Peristiwa Alam di Kelas V SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si., Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa meningkat melalui metode penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA Materi Peristiwa di kelas V SDN 56 Dumbo Raya. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA Materi Peristiwa Alam di kelas V SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Hasil belajar diperoleh dari siswa yang dikenai tindakan pada siklus I dan siklus II berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Pada siklus I terdapat 17 orang yang tuntas (60.71%) dan tidak tuntas 11 orang (39.29%). Pada siklus II, 27 orang siswa yang tuntas (96%) dan tidak tuntas 1 orang siswa (4%). Berdasarkan kajian data dari siklus I ke siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Peristiwa Alam di kelas V SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Kata Kunci. Hasil Belajar, Metode Penemuan Terbimbing.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011