ESSAY

Writer / NIM
YEKA SILVANA LAOH / 151412046
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Yeka silvana laoh. Nim. 151412046. 2016. Meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang dengan menggunakan metode mind mapping pada kelas V SDN 2 Batulintik Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaangmongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah metode mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas V SDN 2 Batulintik Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaangmongondow Utara?" Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas V SDN 2 Batulintik Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaangmongondow Utara dengan menggunakan metode mind mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I, pemahaman siswa menujukan bahwa dari 15 orang siswa yang dikenai tindakan, 6 orang atau 40% memperoleh nilai 75 keatas, sedangkan 9 oatang atau 60% memperoleh nilai kurang dari 75. Hal ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Pada siklus II dari 15 orang siswa yang dikenai tindakan, 14 orang atau 93.3% memperoleh nilai 75 keatas dan hanya 1 orang siswa atau 6,7% yang memperoleh nilai kurang dari 75, dengan demikian pemahamn siswa meningkat. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode mind mapping pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas V SDN 2 Batulintik Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaangmongondow Utara meningkat. Kata kunci ; Pemahaman, Konsep, Bangun Ruang, Mind Maping
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011