ESSAY

Writer / NIM
KARTIKA HINUR / 151412053
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstract
ABSTRAK Kartika Hinur. 2016. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Karya Wisata di kelas V SDN 1 Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. Rumusan Masalah dalam penelitian ini "apakah dengan metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi di kelas V SDN 1 Bintauna ?" Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi melalui metode karyawisata di kelas V SDN 1 Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang berjumlah 24 orang. Desain penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes kemampuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal siswa yang mampu menulis karangan berjumlah 9 orang atau 37.5% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 13 orang atau 54.16%, namun hasil tersebut belum sesuai dengan indikator kinerja yaitu 80%, maka pelaksanaan tindakan dilanjutkan pada siklus II. Siklus ke II kemampuan siswa menulis karangan deskripsi melalui metode karya wisata mengalami peningkatan menjadi 20 orang atau 83.33% yang artinya mencapai indikator kinerja. Disimpulkan bahwa melalui metode karyawisata kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas V SDN 1 Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara meningkat. Kata Kunci : Menulis Karangan Deskripsi, Metode Karya Wisata
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011