Writer / NIM
CICI FITRI MONINGKA / 151412062
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK
Cici Fitri, Moningka. 2016.Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Nurhyati Tine, S.Pdi., M.Hi.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengunaan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran IPS di SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Adapun tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran IPS di SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini digunakan untuk menggambarkan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.Adapun tehnik pengumpulan data ini dengan melakukan observasi, wawancara dan melihat Penggunaan model pembelajaran Think Pair Sharedalam pembelajaran IPS di SDN 84 Kota Tengah Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa Penggunaan model pembelajaran Think Pair Share di SDN 84 Kota Tengah Gorontalo berbeda dengan Think Pair Share yang terdapat pada teori para ahli. Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran berkelompok siswa tidak dibentuk berpasang-pasangan untuk menyampaikan pesan yang mereka ketahui kepada pasangan lain sebelum mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka di depan kelas.
Kata Kunci :Think Pair Share, IPS
Download files