ESSAY

Writer / NIM
SALHA ADABAE / 151412069
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Adabae, Salha 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran IPA di Kelas V SDN 06 Randangan Kabupaten Pohuwato, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 06 Randangan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 06 Randangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group prettest-posttest desingn. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 22 orang. Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 61,95 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,32. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,715 > 1,682 pada taraf 0,05. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Kata kunci: Pembelajaran IPA, Model Learning Cycle, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011