ESSAY

Writer / NIM
ASTRI WULANDARI TOBUHU / 151412071
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Astri Wulandari Tobuhu. 2016. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Kalimat Melalui Metode SAS Di Kelas I SDN 1 Nunuka Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd M.Pd. Rumusan Masalah dalam penelitian ini "Apakah melalui metode SAS kemampuan siswa menulis kalimat di kelas I SDN 1 Nunuka Kabupaten Bolaang Mongondow Utara meningkat?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat melalui metode SAS di kelas I SDN 1 Nunuka Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, yang berjumlah 10 orang siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri atas perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes kemampuan menulis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari jumlah siswa 10 orang, yang memperoleh nilai mencapai kemampuan dengan indikator kinerja 75% hasil yang dicapai pada siklus I hanya 20% atau 2 siswa yang mampu, sehingga dilaksanakan tindakan siklus II, dengan hasil yang mencapai 80% atau 8 siswa, hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis kalimat pada siswa kelas I SDN 1 Nunuka Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat ditingkatkan melalui metode SAS. Dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: Kalimat, Metode SAS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011