ESSAY

Writer / NIM
SRIFANNY MOKODENSEHO / 151412075
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Srifanny Mokodenseho. 2016. Meningkatkan Kemampuan siswa Menulis Cerpen Melalui Metode Latihan di Kelas V SDN 1 Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan Pembimbing II Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah "apakah dengan metode latihan di Kelas V SDN 1 Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara kemampuan siswa menulis cerpen dapat meningkat?" Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis cerpen melalui metode latihan. Desain penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunaan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, tes kemampuan menulis dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I yang mampu dari hasil yang dicapai pada siklus I hanya 66,6% atau 16 siswa. Sehingga dilaksanakan tindakan siklus II, kemampuan siswa mencapai 83,3% atau 20 siswa. Hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Disimpulkan bahwa dengan Meningkatkan Kemampuan siswa Menulis Cerpen Melalui Metode Latihan di kelas V SDN 1 Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat diterima. Kata Kunci : Menulis Cerpen, Metode Latihan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011