ESSAY

Writer / NIM
ALIF KARUNIA PUTRI / 151412081
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
Putri, Alif Karunia. 2016. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo?. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitan tindakan kelas(PTK). Berdasarkan hasil penelitan menunjukkan bahwa minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran audio visual ditinjau dari aspek kesukacitaan terdapat 23 orang siswa atau (88,46%) yang termasuk kategori berminat, dan 3 orang siswa atau (11,53%) yang termasuk kategori tidak berminat, aspek ketertarikan terdapat 25 orang siswa atau (96,15%) yang termasuk kategori berminat, dan 1 orang siswa atau (3,84%) yang termasuk kategori tidak berminat, aspek perhatian terdapat 24 orang siswa atau (92,30%) yang memperoleh kategori berminat, dan 2 orang siswa atau (7,69%) yang memperoleh kategori tidak berminat, dari aspek keterlibatan terdapat 26 orang siswa atau (100%) yang memperoleh kategori berminat, dan 0 orang siswa atau (0,00%) yang memperoleh kategori tidak berminat terhadap mata pelajaran IPA. Dari hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual Kata Kunci : Minat Belajar, Media Audio Visual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011