ESSAY

Writer / NIM
NUNING DJUNUBI / 151412095
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
ABSTRAK Nuning Djunubi. 2016. Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Berbicara di Kelas IV SDN 10 Batudaa. Skripsi, Program Studi SI-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj.Salma Halidu S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran berbicara di kelas IV SDN 10 Batudaa. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran berbicara di kelas IV SDN 10 Batudaa. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, wawancara,dan observasi. Melalui angket diperoleh data nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran berbicara yaitu berdasarkan hasil yang diperoleh melalui pengolahan data nilai karakter santun persentasenya 63,28% termasuk kategori cukup, dan nilai karakter percaya diri persentasenya 58,21% termasuk kategori cukup, nilai karakter komunikatif persentasenya 67,38% termasuk kategori cukup serta nilai karakter tanggung jawab 62,97% termasuk kategori cukup. Dengan demikian dari rekapitulasi keseluruhan indikator dapat disimpulkan nilai karakter dalam pembelajaran berbicara di kelas IV SDN 10 Batudaa yaitu dalam kategori cukup. Kata kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran Berbicara
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011