ESSAY

Writer / NIM
MUH. ABDUL SALAM / 151412096
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
ABSTRAK Muh. Abdul Salam. 2017. Pola Interaksi Sosial Siswa: Studi Kasus di SDN 4 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Basri Amin, S.Sos, M.A, Ph.D(ABD) dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pola interaksi sosial siswa di di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas tinggi (kelas IV,V,VI) dengan jumlah 4 orang. Penentuan subjek berdasarkan kategori interaksi sosialnya. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi sosial siswa di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo berupa perilaku meniru dengan melihat seseorang di lingkunganya dan melalui media televisi, juga dipengaruhi oleh sugesti eksternal dan internal. Identifikasi diri siswa berupa ketertarikan dan keinginan menjadi seperti orang tertentu, simpati intelektual, ekspresi perasaan sedih atau senang dalam menanggapi sebuah peristiwa, serta respon yang bersifat spontan berupa perasaan trauma terhadap suatu kejadian yang pernah dialami. Kata kunci : Interaksi Sosial, Sekolah Dasar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011