ESSAY

Writer / NIM
GITA VEBRIYANITA KATILI / 151412098
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Gita Vebriyanita Katili, 2016 "Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo". Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing : Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.HI). Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui penerapan model Contextual Teaching Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS Kelas IV di SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal jumlah siswa yang paham sebanyak 5 orang (33%), selanjutnya pada siklus I mencapai 8 orang (53%) dan siklus II meningkat menjadi 14 orang (93%) dari 15 siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV di SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo. Kata kunci : Pemahaman siswa, Contextual Teaching Learning (CTL)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011