ESSAY

Writer / NIM
SERLA R. SAHABUDIN / 151412103
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
ABSTRAK Serla R. Sahabudin. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Koperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V 18 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi. SI-PGSD FIP UNG. Pembimbing I : Drs. H. Haris Mahmud S.Pd, M.Si Pembimbing II : Muhammad Sarlin M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo ? Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model Think Pair Share di kelas V SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo. Penelitian tindakan dilaksanakan di kelas V SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo dengan subjek siswa 30 orang dengan tahapan penelitian yakni perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Tingkatan hasil belajar siswa pada tahap observasi awal hanya mencapai 50% dari 30 orang siswa yang memiliki ketuntasan pada mata pelajaran. Siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 69,67% yaitu 21 siswa yang memiliki ketuntasan dan 9 orang belum mencapai ketuntasan. Siklus II sebanyak 89,78% yaitu 27 orang siswa yang telah mencapi ketuntasan dan 12,50% atau 3 orang siswa belum mencapai ketuntasan terhadap pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo.. Kata Kunci : Hasil belajar siswa, Model Think Pair Share
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011