ESSAY

Writer / NIM
INGKA N. NURKAMIDEN / 151412117
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Ingka N. Nurkmiden. 2016. Meningkatkan kemampuan siswa menggunakan konfiks dalam wacana melalui metode pemberian tugas di kelas VI SDN 6 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan konfiks dalam wacana di kelas VI SDN 6 Bongomeme kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa menggunakan konfiks dalam wacana melalui metode pemberian tugas di kelas VI SDN 6 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang mampu menggunakan konfiks dalam wacana 7 orang atau (58.3%), sedangkan yang kurang mampu 3 orang siswa atau (25%), dan yang tidak mampu 2 orang siswa (16.7%). Kemudian pada siklus II siswa yang mampu menggunakan konfiks dalam wacana 10 orang atau (83.3%), sedangkan yang kurang mampu 2 orang siswa (16.7%) dari siklus I dan Siklus II diberikan bimbingan khusus setelah pembelajaran selesai dengan cara menjelaskan kembali, mendorong dan memotifasi kedua siswa tersebut. Dari data penelitian tersebut disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pemberian tugas pada siswa kelas VI SDN 6 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo kemampuan siswa menggunakan konfiks dalam wacana meningkat. Kata Kunci : Konfiks, Wacana, Pemberian tugas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011