ESSAY

Writer / NIM
HARDIATMO DETUAGE / 151412119
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Hardiatmo Detuage. Nim 151412119.2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menjumlahkan Pecahan Biasa Menggunakan ALPEN (Alat Permaianan Pecahan) Di kelas IV SDN 15 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr.Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si Pembimbing II: Ismail Pioke, S.Pd. M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan ALPEN hasil Belajar Siswa menjumlahkan pecahan biasa di kelas IV SDN 15 Limboto Kabupaten Gorontalo akan meningkat ?". Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 15 Limboto Kabupaten Gorontalo dalam menjumlah pecahan biasa. Pada penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 15 Limboto Kabupaten Gorontalo yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 10 siswa (41,66%) yang memperoleh nilai 75. Hasil ini belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yakni minimal 75% siswa memperoleh nilai 75 ke atas. Dengan demikian pemberian tindakan dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II sebanyak 22 orang (91,66%) memperoleh nilai 75 ke atas. Ini berarti bahwa indikator penelitian telah tercapai dan penelitian dianggap berhasil. Dengan hasil penelitian yang telah dicapai, maka disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa Menjumlah Pecahan Biasa menggunakan ALPEN di kelas IV SDN 15 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan. Kata Kunci: Hasil Belajar, media ALPEN
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011